Saturday 21 June 2014

Apa si potensi itu?


Assalamu'alaikum :)
Baiklah, di sini ani mau berbagi cerita tentang salah satu topik yang ada di buku ini yang berjudul "My Potency" karangan Endra K. Prihadhi.

Apa sih potensi itu?
Dalam buku ini, potensi itu merupakan suatu kekuatan, energi, atau pun kemampuan yang terpendam yang dimiliki dan belum dimanfaatkan secara optimal. atau dalam istilah M. Anis Matta, mengatakan potensi itu disebut kompetensi inti atau pusat keunggulan. Potensi diri yang dimaksud disini adalah suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat,bakat, kecerdasan, dan nilai-nilai yang terkandung dalam diri tetapi belum dimanfaatkan dan diolah. 

Setiap orang pasti mempunyai potensi masing-masing, dan pastinya ada yang berbeda dan ada juga yang hampir sama. Karena apa? Karena kita di dunia ini memang sudah terlahir untuk itu, dengan kegeniusan dan potensi yang luar biasa. Namun, permasalahannya adalah Bagaimana caranya kita menemukan dan menggali potensi tersebut?  Hal ini sangat berguna untuk diri kita karena akan membuat kita menjadi orang yang cerdas, kreatif, genius, dan mengantarkan kita menjadi orang yang sukses dengan potensi yang kita miliki. 

Akan tetapi, jika kita tidak menemukan dan menggali potensi yang kita miliki dengan baik dan optimal, maka hanya akan membawa pada kesusahan dalam menentukan dan melangkah ke depan meskipun sebenarnya kita memiliki potensi yang luar biasa. Dengan membiarkannya tersembunyi dan menutup rapat-rapat secara sadar maupun tidak, akan tetap tersembunyi meskipun itu sebuah mutiara yang sangat berharga. 

Seperti cerita dongeng yang diceritakan kembali oleh Hernowo dari Thomas Armstrong dalam pengantarnya dari buku Sekolah Sang Juara. 
 "Terbitlah sebuah kabar yang menggegerkan langit dan bumi. Kabar itu berasal dari dunia bintang, menurut cerita, para binatang besar, berencana akan membuka sekolah yang didalamnya akan di ajarkan mata pelajaran memanjat, terbang, berlari, berenang, dan menggali. 
     Anehnya, mereka tidak dapat mengambil kata sepakat tentang subjek mana yang paling penting. Mereka akhirnya memutuskan agar semua murid mengikuti mata pelajar tersebut. 
   Sekolah pun dibuka dan menerima pendaftaran murid baru. Pada saat awal-awal di kabarkan bahwa seluruh sekolah berjalan dengan lancar. Seluruh murid dan pengajar di sekolah itu menikmati segala kebaruan dan keceriaan. hingga tibalah pada suatu hari yang mengubah keadaan sekolah itu. 
   Salah satu binatang, yaitu monyet. Monyet jelaslah binatang yang piawai memanjat. Ketika mengikuti kelas terbang. Monyet pun terjatuh dari tempat ketinggian. Pengalaman tersebut membuat hatinya terguncang. Lantaran sibuk mengikuti pelajaran terbang, monyet pun lupa akan caranya memanjat. 
    Selain monyet, terdapat juga binatang yang lain mengalami hal yang sama dengan monyet yaitu kelinci. Kelinci terkenal dengan binatang yang jago berlari. Setelah dia masuk ke kelas berenang, dia sering tenggelam. Pengalaman tersebut membuat trauma juga bagi kelinci. Lantaran sibuk juga dengan mata pelajaran berenang, dia lupa bagaimana caranya berlari. 
    Pengalaman monyet dan kelinci tersebut juga dialami oleh binatang-binatang kecil lainnya. Para binatang tersebut tidak mempunyai kesempatan lagi untuk berprestasi dalam bidang keahlian mereka masing-masing Ini lantaran mereka dipaksa melakukan hal-hal yang tidak menghargai sifat asli mereka. "

Dari kisah diatas dapat kita ambil pelajaran bahwa bisa saja, kita bekerja di bidang yang kita minim dalam potensi diri di bidang tersebut. Akan tetapi sangat di sayangkan jika kita melakukan pilihan tersebut. Pertama kita akan membutuhkan usaha yang lebih keras dan waktu yang lebih lama akan tetapi lebih sulit untuk mencapai level yang tertinggi, misalkan yang tadi monyet yang sulit mengikuti mata pelajaran terbang. Kedua, kita telah memiliki potensi yang unik yang diberikan oleh Allah swt tetapi kita sia-siakan dengan memilih bidang yang lain. Padahal kita hidup di dunia ini hanya memiliki waktu yang singkat. Dan bagaimana dengan waktu yang se singkat ini kita bisa memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi kehidupan kita sendiri dan orang yang sekeliling kita.

WE CAN DO IT. IF WE FALL, WAKE UP! AND DO IT MORE, MORE, MORE, AND MORE. UNTIL WE GET A SUCCESS :)

0 comments:

Post a Comment