Saturday 12 April 2014

Konflik


Menurut Kurt lewin, terkadang individu menghadapi beberapa macam faktor-faktor yang saling bertentangan dan tarik menarik. Individu berada dalam keadaan konflik (pertentangan batin), yaitu suatu pertentangan batin, suatu kebimbangan, yang bila tidak segera diselesaikan, mengakibatkan frustasi dan ketidak seimbangan kejiwaan.

Konflik dapat berbentuk pertentangan, perbedaan pendapat, perebutan kekuasaan, atau pun pertengkaran. Ditinjau dari sudut psikologi, konflik adalah ketegangan yang dapat bersifat intra-individual ( dua dorongan yang saling bertentangan di dalam diri), dapat merupakan ketegangan inter-idiviidual (dua orang yang saling tidak sepaham pendapatnya mengenai satu hal yang sama), dapat pula antara individu dan kelompok (pertentangan antara pemimpin dengan anggota organisasinya), atau dapat pula berbentuk ketegangan antarkelompok (perbedaan pendapat antara buruh dan pimpinan). 

Konflik dapat dibedakan menjadi empat yaitu:
  • Pertama: Konflik mendekat-mendekat (approach-approach conflict) yaitu kondisi psikis yang dialami individu karena menghadapi dua motif positif yang sama kuat. Motif positif maksudnya adalah motif yang disenangi atau yang diinginkan individu. Contoh : Saya dihadapi oleh dua konflik, yaitu mengahadiri seminar beasiswa atau menghadiri seminar yang diwajibkan oleh dosen saya dalam waktu yang bersamaan.

  • Kedua: Konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflict) yaitu kondisi psikis yang dialami individu karena menghadapi dua motif negatif yang sama kuat. Motif negatif itu adalah motif yang tidak disenangi individu. Contoh : Saya harus memilih cari kontrakan yang mana tempatnya jauh dari kampus atau tetapi di kos saya sekarang dengan harga kos yang mahal.

  • Ketiga: Konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflict) yaitu kondisi psikis yang dialami individu karena menghadapi satu situasi mengandung motif positif dan negatif sama kuat. Contoh : Saya harus memilih untuk mencoba ikut dalam pengerjaan proyek atau tidak. Sisi positifnya yaitu saya mendapatkan pengalaman dan pengertahuan yang lebih lagi, sisi negatifnya yaitu dalam pengerjaan proyek pastinya membutuhkan waktu yang ekstra disamping tugas-tugas kuliah juga banyak. 

Daftar pustaka :
http://www.referensimakalah.com/2013/05/teori-konflik-dan-frustasi-dalam.html
Sadli, Saparinah. 2010. Berbeda tetapi Setara Pemikiran tentang Kajian Perempuan. Jakarta: Kompas

0 comments:

Post a Comment