Saturday 12 April 2014

Motivasi

Apa itu motivasi?
Motivasi berasal dari kata “motif” yang dapat diartikan sebagai daya  penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari.

Motivasi yang terbaik itu berasal dari mana?
Motivasi itu sendiri timbul dari dalam diri sendiri atau datang dari lingkungan. Motivasi terbaik itu yaitu motivasi yang datangnya dari dalam diri sendiri atau bisa disebut dengan motivasi intrinsik,bukan pengaruh lingkungan atau disebut juga dengan motivasi ekstrinsik.

Untuk meningkatkan motivasi berperilaku dapat dilakukan dengan 4 cara sebagai berikut :

  • Memberi hadiah dalam bentuk penghargaan, pujian, piagam, hadiah, promosi pendidikan, dan jabatan.
  •  Kompetisi atau persaingan secara sehat.
  •  Memperjelas tujuan atau menciptakan tujuan tertentu.
  • Memberi informasi keberhasilan kegiatan yang telah dilakukan, untuk mendorong agar lebih berusaha lagi. 

Beberapa teori tentang motivasi, diantaranya yaitu :

1. Teori insting
Suatu pendapat untuk menjelaskan mengapa organisme itu berbuat atau bertindak dapat dijelaskan dari teori insting. Yang dimaksud dengan insting ialah merupakan predisposisi yang alami (innate) untuk berbuat apabila menghadapi stimulus tertentu. Perbuatan yang mendasarkan atas insting ini tidak memerlukan proses belajar sebelumnya. Pendapat atau pemikiran bahwa insting ini merupakan factor yang mendorong perilaku merupakan pendapat yang sudah cukup tua dalam psikologi. 

2. Teori Insentif
Teori insentif mempunyai titik pijak yang berbeda. Teori ini justru berpijak pada factor eksternal yang dapat memicu dan mendorong organisme berbuat, dan stimulus eksternal ini disebut insentif. Teori ini berasumsi bahwa organisme akan dapat menyadari tentang akibat atau konsekuensi dari perilaku atau perbuatannya, dan organism akan mendekati kapada insentif yang positif, dan menjauhi insentif yang negative. 

3. Arousal Theory
Teori ini dikemukakan oleh Elizabeth Duffy. Menurutnya, organism tidak selalu berusaha menghilangkan ketegangan tetapi justru tidak sebaliknya, di mana organisme berusaha meningkatkan ketegangan dalam dirinya. Homeostatis adalah ketegangan optimum yang sifatnya subjektif.

4. Teori Naluri
Menurut teori naluri, seseorang tidak memilih tujuan dan perbuatan, akan tetapi dikuasai oleh kekuatan-kekuatan bawaan, yang menentukan tujuan dan perbuatan yang akan dilakukannya. Freud juga percaya bahwa dalam diri manusia ada sesuatu yang tanpa disadari menentukan setiap sikap dan peerilaku manusia.

5. Teori Reaksi yang Dipelajari
Menurut teori ini, apabila seseorang pemimpin atau seorang pendidik akan memotivasi anak buah atau anak didiknya, pemimpin atau pendidik itu hendaknya mengetahui benar-benar latar belakang kehidupan dan kebudayaan orang-orang yang dipimpinnya.


Motivasi terkadang berasal dari sesuatu yang sangat sederhana namun tepat sasaran. Salah satunya adalah melalui berbagai informasi tentang kata-kata motivasi. Terkadang, apabila kita lagi bersedih atau pun ada masalah dengan membaca kata-kata motivasi kita pun bisa ter motivasi. 

Kumpulan kata bijak penambah motivasi

"Sukses bukanlah sebuah hadiah yang turun tiba-tiba dari langit, sukses adalah desain dan rencana yang telah dibuat serta dilaksanakan. Sukses juga bukan hasil dari satu malam, tapi merupakan hasil yang telah disiapkan dari masa lalu".
"Buat mimpi kamu mulai dari sekarang, mimpi akan membuat anda lebih ter motivasi dan membuat anda tahu kemana tujuan dan perjalanan hidup anda. Berani bermimpi untuk kesuksesan anda" .
"Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memiliki waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan – Mario Teguh"
"Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan – Mario"
"Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita mungkin menua dengan berjalannya waktu, tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri – Mario Teguh"



Daftar pustaka:

Sunaryo. 2002. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC


0 comments:

Post a Comment